5 Hal yang Harus Diwaspadai Saat Aktifkan Tokopedia Paylater

PayLater & Cicilan Tokopedia: Solusi Belanja Hemat!

Kita semua tahu, paylater adalah salah satu metode pembayaran populer dan banyak diminati sekarang. Terlebih paylater sudah menjamah berbagai platform e-commerce, salah satunya Tokopedia. Sekarang, belanja online dan bayarnya nanti, sudah jadi hal yang biasa dilakukan dengan adanya paylater. 

Selain daftarnya mudah dan cepat, paylater juga memberikan banyak promo di antaranya seperti Kredivo yang kerap mengadakan promo potongan sampai dengan Rp 1 juta. Plus, ada juga pilihan cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan dengan Kredivo di berbagai e-commerce ternama. 

Dengan kemudahan ini, nggak jarang banyak orang tertarik daftar dan aktivasi tawaran paylater. Tawaran ini bisa datang dari mana saja, seperti iklan, media sosial, atau bahkan dari akun e-commerce sendiri kepada pengguna loyalnya. 

Tapi, meski mudah, ada berbagai hal yang perlu kamu periksa dan waspadai saat aktifkan paylater mulai dari Tokopedia paylater, dan berbagai tawaran paylater lainnya. Sebab, tidak semua tawaran tersebut aman, maka dari itu perlu dicek lebih lanjut dengan 5 hal ini. 

Sumber tawaran aktivasi Tokopedia Paylater

Seperti halnya kalau lagi kepepet dan butuh pinjaman cepat, tiba-tiba ada iklan atau tawaran pinjaman online ke aplikasi tertentu. Tanpa pikir panjang, orang langsung klik dan daftar, padahal belum tentu aplikasi pinjaman tersebut legal atau sudah terdaftar di OJK. 

Begitu juga dengan paylater. Jika kamu mau melakukan pendaftaran atau aktivasi Tokopedia paylater, pastikan kamu mendapat tawarannya dari sumber terpercaya. Misalnya dari profil Tokopedia langsung, newsletter, dan berbagai sumber resmi lainnya. 

Hindari menggunakan paylater jika tawarannya berasal dari pihak perorangan atau bahkan data-datamu “diminta” untuk dibantu pendaftaran. Hal ini patut diwaspadai karena rata-rata paylater berbasis online dan tidak membutuhkan bantuan orang lain untuk mendaftar. 

Yang terpenting, layanan paylater juga harus sudah terdaftar di OJK, ya. Untuk mengeceknya, kamu bisa langsung berkunjung ke situs OJK. 

Pilihan partner Tokopedia Paylater

E-commerce seperti Tokopedia, nggak sendirian dalam menyediakan layanan paylater bagi konsumennya. Ada partner paylater yang bekerja sama dengan Tokopedia agar konsumen bisa menikmati layanan tersebut. 

Tokopedia sendiri punya beberapa partner paylater yang bisa kamu pilih. Kredivo adalah salah satu fintech yang menjadi partner atau tersedia sebagai opsi pembayaran Tokopedia paylater. Di mana Kredivo menerapkan tiga syarat utama yang harus dipenuhi bagi orang yang tertarik daftar akun paylater: 

  1. Berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Sudah bekerja dan punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

Memenuhi syarat di atas? Maka, kamu bisa lanjut daftar akun Kredivo melalui aplikasinya yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. 

Kalau kamu nggak memenuhi syarat, nggak usah khawatir. Sebab, kamu masih punya pilihan paylater lain di Tokopedia yang syaratnya bisa jadi lebih sesuai dengan kondisimu. 

Pilihan partner Tokopedia paylater juga penting untuk kamu ketahui di awal supaya kamu tidak sia-sia registrasi akun paylater. Ditambah, jangan sampai kamu daftar akun paylater ilegal atau belum bekerja sama dengan Tokopedia atau e-commerce lainnya. 

Proses aktivasi harus dilakukan sendiri

Karena berbasis online, layanan paylater harus digunakan dan dilakukan sendiri pendaftarannya. Kamu tidak membutuhkan bantuan orang lain, apalagi jika tidak dikenal. 

Biasanya, aplikasi paylater sudah memberikan instruksi pendaftaran dengan jelas dan cermat. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya hingga akhir. 

Jangan berikan data-datamu kepada pihak lain yang mengiming-imingi bantuan pendaftaran paylater dengan limit besar, dan sejenisnya. Kalau perlu informasi, kamu bisa menghubungi pihak CS paylater langsung atau bertanya kepada teman atau kerabat yang bisa dipercaya. 

Keamanan transaksi

Selain punya syarat pendaftaran yang harus dipenuhi, layanan paylater juga punya syarat dan ketentuan transaksi yang harus dipatuhi. Akun paylater hanya boleh digunakan oleh pemiliknya dan untuk transaksinya sendiri. Tidak boleh dialihkan atau digunakan orang lain. Jadi, jangan sampai sharing akunmu ke orang lain kalau nggak mau akun diblokir atas alasan keamanan, ya. 

Beberapa paylater juga memiliki syarat minimal belanja untuk bisa kredit atau cicilan tertentu. Kredivo misalnya, syarat untuk bisa menggunakan opsi cicilan 0% adalah minimal transaksinya 500 ribu dengan tenor maksimal 3 bulan. Pastikan kamu mengetahui informasi ini di awal sebelum melakukan transaksi. 

Jaga keamanan OTP dan detail login akun paylater

Setelah aktivasi, punya akun, dan limit kredit, hal selanjutnya yang wajib dilakukan adalah menjaga keamanan detail akunmu. Mulai dari detail login, seperti email dan password, hingga OTP yang dikirimkan via SMS saat kamu melakukan transaksi dengan paylater. 

Banyak sekali, penipuan paylater dengan membobol akun via OTP. Biasanya penipu akan menghubungi pemilik paylater dengan mengaku sebagai CS paylater lalu meminta OTP untuk alasan tertentu. 

Apapun yang terjadi, OTP tidak boleh diberikan kepada siapa pun dan hanya boleh diketahui olehmu sendiri. Pihak CS resmi dari paylater juga tidak akan dan tidak boleh meminta OTP kepada nasabah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *