KrediFazz vs AdaPundi, Ini Dia yang Suku Bunganya Rendah

Ada banyak banget opsi pinjaman online cepat cair cukup KTP. Mulai dari yang tawarannya beredar di SMS, telepon, media sosial, iklan di internet, sampe di Google Play Store atau App Store. Di satu sisi, banyaknya tawaran kayak gini bisa membantu kalo kita lagi kepepet butuh pinjaman uang. Di sisi lain, kalo asal pinjam tanpa crosscheck, bisa berabe. Salah-salah bisa juga kejebak sama pinjaman online ilegal.

Gimana caranya supaya hal-hal tersebut nggak kejadian? Menurut saya, kuncinya itu jangan males. Meski kepepet, tapi otak juga mesti jalan. Minimal banget, kalo mau pake pinjaman online cepat cair cukup KTP, cek dulu deh udah OJK belum dan bunganya berapa? Sebab, perkara suku bunga ini sangat krusial kalo mau pake pinjaman online.

Contohnya, saya mau bandingin dua fintech yang punya bunga beda nih: KrediFazz dan AdaPundi. Sekalian saya akan bahas juga perbedaan dari beberapa sisi lain supaya bisa jadi bahan pertimbangan kalian ketika mau pilih fintech. Yuk, langsung aja!

Bedanya layanan pinjaman di KrediFazz vs AdaPundi

Dibanding dengan KrediFazz, AdaPundi lebih dulu muncul. Tapi dari segi layanan pinjaman yang ditawarkan, AdaPundi memiliki dua jenis produk pinjaman: pinjaman konsumtif dan pinjamam produktif. Sementara KrediFazz hanya memiliki satu produk, yaitu pinjaman online dengan tempo singkat.

Bedanya limit pinjaman, bunga dan tenor pinjaman di KrediFazz vs AdaPundi

KrediFazz menawarkan limit pinjaman yang kecil mulai dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp 1,5 juta. Tenornya maksimal sampai 30 hari dengan suku bunga sebesar 9% per bulan atau 0,3% per harinya. Jadi, kalo kita pinjam uang Rp 1,5 juta, bunganya per hari adalah Rp 4.500 dikalikan 30 menjadi Rp135.000. Kurang lebih jumlah pinjaman yang dikembalikan adalah Rp1.635.000.

Di AdaPundi, limit pinjaman dibedakan sesuai jenis produknya. Untuk produk pinjaman konsumtif (untuk keperluan pribadi/tidak menghasilkan perputaran uang), limit pinjaman berkisar mulai dari Rp 400 ribu sampai dengan Rp 5 juta. Batas waktu pembayarannya minimal 21 hari dan maksimal 30 hari. Kalo bisa dibilang, produk pinjaman yang satu ini setara atau sebanding dengan yang ditawarkan KrediFazz. Sayangnya, suku bunga AdaPundi lebih tinggi dibanding KrediFazz. Di mana AdaPundi memiliki tingkat suku bunga 0,8% per hari atau setara dengan 24% per bulan.

Jadi, kalo pinjamnya Rp 1,5 juta, balikinnya bisa di kisaran Rp 1,8 jutaan (hasil cek simulasi di website AdaPundi). Bedanya cukup jauh dengan KrediFazz.

Gimana dengan produk pinjaman produktif?

Dari sisi limit pinjaman, produk ini punya limit yang lebih besar dari pinjaman konsumtif. Yaitu mulai Rp 1 juta sampai Rp 5 juta dengan tenor yang lebih panjang yaitu mulai 1 bulan sampai 3 bulan. Namun, dari suku bunga, tidak ada perbedaan dengan pinjaman konsumtif berdasarkan informasi dari websitenya. Tetap 0,8% per hari.

Bedanya syarat daftar dan pengajuan pinjaman di KrediFazz vs AdaPundi

Sesuai jenisnya: pinjaman online cepat cair cukup KTP, di KrediFazz, ada dua dokumen wajib yang diperlukan untuk pengajuan pinjaman yaitu KTP dan foto selfie peminjam. Kalo tertarik pake KrediFazz, kita bisa langsung download aja aplikasinya di Google Play Store. Sebelum itu, pastikan kalau kita:

  1. Sudah berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun.
  2. Berstatus sebagai WNI dan berdomisili di Indonesia.
  3. Punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.

Salah satu kelebihan dari KrediFazz yang saya suka adalah pihak KrediFazz mencantumkan informasi “Tidak melakukan aktivitas ilegal seperti mengakses kontak pengguna” pada websitenya.

Dan setelah saya cek, hal itu bukan cuma omong kosong. Di bagian “Izin” atau “Permission” pad laman Google Play Store KrediFazz, akses yang diminta KrediFazz ke smartphone pengguna juga tidak ada kontak, jadi data kita lebih aman. Pada tau kan kalo banyak banget fintech ilegal yang mengakses data kontak nasabah dan nelpon-nelponin pas kita telat bayar? Nah, kudos deh buat KrediFazz karena nggak melakukan hal tersebut.

Kurang lebih sama dengan Kredivo, aplikasi AdaPundi juga tersedia di Google Play Store dengan dokumen utama KTP dan selfie untuk pengajuan pinjaman. Tapi, ada perbedaan syarat daftar nih dengan KrediFazz, yaitu:

  1. Pendaftar/peminjam di AdaPundi harus berusia minimal 21 tahun.
  2. Sudah bekerja, punya pendapatan, dan nomor HP yang aktif.

Kalo saya pribadi, karena suku bunga KrediFazz lebih rendah dibanding AdaPundi bakalan pilih pake KrediFazz pas kepepet. Tapi, kalo butuh pinjaman dengan limit lebih gede, AdaPundi mungkin lebih cocok atau bisa cari opsi fintech lainnya. Gimana dengan kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *