Mengenai Lebih Dekat Seputar Brand Sepatu Nike

main image

Sneakers merupakan alas kaki yang sangat nyaman digunakan sehari-hari. Dan salah satu sneakers yang menjadi andalan banyak orang ialah sepatu nike yang juga merupakan salah satu apparel ternama dan terkenal di kalangan para pecinta sneakers. Makanya, kita tidak boleh ketinggalan informasi seputar brand yang satu ini.

Seperti halnya brand ternama lainnya, sepatu nike menjadi brand terdepan yang ada di dunia. Hal ini terbukti dari kehadiran nike sebagai sponsor utama yang tampil di berbagai klub sepak bola dan basket ternama di dunia. Bukan hanya itu saja, sepatu nike juga dipromosikan oleh atlet ternama, misalnya seperti Michael Jordan serta Cristiano Ronaldo.

Ketika baru didirikan pertama kali, Nike awalnya bernama Blue Ribbon Sport. Brand yang satu ini awalnya berdiri dengan tujuan untuk menghasilkan sepatu olahraga yang memiliki kualitas terpercaya, namun tetap dihadirkan dengan harga yang terjangkau. Ketika itu, sudah ada brand sepatu olahraga lainnya yang muncul dan terkenal. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa membeli brand tersebut karena harganya yang lumayan fantastis.

Sementara itu, para pendiri sepatu nike juga menggandeng Asics yang merupakan salah satu produsen sepatu olahraga dari Jepang. Brand yang satu ini sangat terkenal dengan produk Onitsuka Tiger. Sementara itu, Nike juga menghadirkan berbagai inovasi pada produk-produk mereka dikarenakan harus menyesuaikan dengan selera pasar. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Nike dan menjadi inovasi paling terkenal ialah penggunaan waffle outsole alas sepatu yang solnya menggunakan pola waffle yang saat ini sudah banyak digunakan untuk memproduksi sepatu olahraga.

Nike sendiri didirikan oleh Phil Knight yang merupakan seorang atlet di bidang atletik serta pelatih Phil yang bernama Bill Bowerman. Pada tahun 1964, keduanya mendirikan sepatu nike. Kemudian nama nike dipilih sebagai pengganti nama sebelumnya, yaitu blue ribbon sports. Penggantian nama ini dilakukan pada tahun 1971. Nike sendiri memiliki arti berupa dewi kemenangan dalam mitologi Yunani. Produk pertama yang diproduksi oleh nike oalah sepatu olahraga yang memiliki kualitas bagus dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Saat ini, sepatu nike sudah menjadi salah satu perusahaan apparel terbesar di dunia. Markas nike terletak di dekat Beaverton, Oregon, Amerika Serikat.

Nike memiliki slogan “Just Do It” serta dikenal dengan logonya yang disebut sebagai Swoosh. Ternyata, desainer yang ada di balik logo tersebut ialah Carolyn Davidson yang merupakan seorang mahasiswa di Portland State University. Karena kereativan Davidson, ia berhasil menerima bayaran sebesar 35 dollar AS yang pada saat itu merupakan jumlah yang cukup besar serta produk nike yang senilai lebih dari 640 dollar AS. Bukan hanya itu saja, ia juga mendapatkan hadiah dari Phil Knight berupa cincin berlian yang berbentuk logo nike.

Sementara itu, nike membuat iklan produk secara resmi pada tahun 1982 yang menampilkan tayangan sebanyak 3 kali pada sebuah saluran TV nasional, Setiap iklan yang diluncurkan oleh nike dilihat sebagai iklan yang memiliki kreativitas tinggi, sama halnya seperti produk-produk mereka yang dikenal oleh berbagai negara di dunia. Bahkan iklan nike pernah berhasil mendapatkan penghargaan pada festival periklanan nike pada tahun 1994 serta tahun 2003 sebagai iklan terbaik. Bukan hanya itu, iklan nike juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai iklan komersial terbaik pada tahun 2000 serta tahun 2002 melalui pergelaran Emmy Awards.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *